Cara membuat Pembetulan E SPT PPN 1111

untuk membuat Pembetulan ESPT PPN dapat dilakuakn dengan cara berikut :

  1. Buka menu Setting –> Setting SPT PPN 1111

    image
  2. Lalu Pilih masa pajak yang akan anda betulkan –> Klik Buka

    image
  3. Saat muncul menu Konfirmasi Pilih Buat SPT Pembetulan (N+1)

    image

    kenapa kita tidak pilih untuk dilihat/Diedit lalu kita betulkan data yang salah ?
    Jawabannya karena SPT Normal (0) sudah kita laporkan. Sehingga kita tidak bisa melaporkan SPT yang sama ( jenis, masa dan pembetulan)
    jadi harus membuat pembetulan.
  4. Klik Buka. maka akan terbentuk SPT dengan masa Juli 2013 pembetulan 1 yang isinya juga sama persis dengan SPT Normalnya.
  5. ulangi langkah nomor 2 maka sudah nampak ada SPT masa Juli pembetulan 1.
    pilih SPT masa Juli pembetulan 1 –> klik buka lalu pilih Untuk Dilihat/Diedit

    image
  6. Misalnya kita ingin merubah data Pajak Keluaran, maka pilih menu input –> Pajak Keluaran
    Pilih Masa Pajak Juli dan Pembetulan ke 1 –> Tampilkan

    image
  7. Misalnya data no 2 ingin kita rubah. Check data nomor 2 lalu klik ubah

    image
  8. Selanjutnya Klik Simpan—> Posting Ulang
  9. Lalu Buat CSV dan laporkan Ke KPP

 

nah begitu saja kok…. Smile gampang kan

Previous
Next Post »

16 komentar

Click here for komentar
16 Desember 2013 00.52 ×

terus SPT nya gmana? klo misal perubahan data nya hanya tgl atau salah no seri aja, apakah sama butir2 nya dengan SPT normal?

Balas
avatar
admin
Risma
16 Desember 2013 04.05 ×

Dear Pak Adi, cara di atas sudah saya lakukan tapi tetap saja tidak bisa di ubah atau di hapus. Apakah ada cara lain Pak, mohon bantuannya
Terimakasih

Balas
avatar
admin
ida yulianti
23 Desember 2013 00.14 ×

pak kalau misalkan tadinnya pas laporan kan nihil terus ga taunya ada faktur pajak yg kelupaan belum di lapor itu gimana pak termasuk pembetulan atau masih normal?

Balas
avatar
admin
Anonim
22 Januari 2014 19.57 ×

Pak, kalau salah bulan Januari 2013, Mei 2013 laporan sudah sampai bulan November 2013 bagaimana ya? apa harus perbulan ?
Atau bisa langsung ke bulan terakhir? ada pembetulan kelebihan sebelumnya?
atau bagaimana Pak?
matur nuwun
Toni

Balas
avatar
admin
Adi
25 Januari 2014 06.54 ×

buat pembetulan aja di bulan januari, laporin lagi pembetulannya.. langsung aja bulan des, bulan feb sd nov selama tidak ada pembetulan gak usah dilaporin lagi

Balas
avatar
admin
Adi
25 Januari 2014 06.54 ×

buat pembetulan pada bulan yang ada faktur pajaknya

Balas
avatar
admin
Adi
25 Januari 2014 06.57 ×

iya, harus buat pembetulan... apalagi kalau nomer serinya salah. karena bila dicek di kantor pajak no seri tsb tidak ada, takutnya jadi masalah di depan

Balas
avatar
admin
Adi
25 Januari 2014 06.59 ×

coba cek apakah ada pembetulan lain, misal anda mau pembetulan 1, apakah ada pembetulan 2. jika ada pembetulan 2 maka pembetulan 1 tidak bisa diedit

Balas
avatar
admin
11 Februari 2014 17.51 ×

Pak, kalau skrg baru nemukan kesalahan di masa pajak april dan mei 2013. Pada saat itu spt dilaporkan manual, belum menggunakan e-spt. Skrg pembetulannya harus disampaikan dengan e-spt atau manual juga. bila harus menggunakan e-spt berarti masa pajak april 2013 dan mei 2013 harus dibuat e-spt nya dulu, baru bisa dibuatkan e-spt pembetulannya. benar begitu?

Trims,
Ina

Balas
avatar
admin
Adi
12 Februari 2014 01.29 ×

jika pegawai anda lebih dari 20 orang anda wajib menggunakan e-SPT. Betul sekali jika sebelumnya anda membuat SPT secara manual, untuk pembetulan dengan e-SPT anda harus membuat e-SPT normalnya terlebih dahulu. tapi yang dilaporkan ke KPP cukup pembetulannya saja

Balas
avatar
admin
13 Februari 2014 04.12 ×

maav numpang tanya ne..
kalo pembetulan yg dkasih ke kantor pajaknya hanya csv'a saja atw pake kopiannya juga??
trus yg tadinya nihil , lalu kalo ada pembetulan , tinggl dgnti sesuai tutorial diatas?
lalu detail transaksi ama jenis transaksi itu diisinya apa sih??

Balas
avatar
admin
Adi
14 Februari 2014 07.21 ×

yang diserahkan adalah lampiran induk SPT+CSV... Iya betul anda tinggal buat pembetulan seperti cara di atas

Balas
avatar
admin
17 Februari 2014 22.52 ×

pakk... kalo pas mau bikin pembetulan, pajak keluaran nya saat ditampilkan tidak muncul, gimana paak

Balas
avatar
admin
Anonim
18 Februari 2014 01.23 ×

pak... kalo
awalnya SPM Januari lebih bayar 10.000.000
ada pembetulan ke-1, input Faktur Keluaran 1.000.000
sehingga menjaid lebih bayar 9.000.000

tp kenapa pas input baru SPM Februari, lampiran AB, kompensasi bulan lalunya (Jan) masih 10.000.000, bukannya 9.000.000 ya?

tks pak

Balas
avatar
admin
18 Juli 2014 05.33 ×

Pak mau nanya kalau ada pembatalan faktur pajak..bagaimana melakukan pembetulan?
Misalnya di bulan juni dilakukan pembatalan faktur pajak masa februari.
Bagaimana pembetulannya?
Dan di bulan juni bagaimana input di espt nya?

Balas
avatar
admin
17 Agustus 2014 19.43 ×

saya mau tanya juga, berarti bisa di kompensasikan ke masa pajak des gitu yaa, terus bagaimana dengan kurang/(lebih) bayar pada masa pajak nov kan di kompensasikan ke bulan berikutnya?
terimakasih..

Balas
avatar
admin
Poskan Komentar
Thanks for your comment